Hell Yeah Pointer 5 Langsung ke konten utama

Unggulan

Cara Penggunaan Git dan GitHub dalam CPM

Git adalah salah satu software penting dalam pengembangan website. Fungsi Git adalah untuk mengatur versi dari source code program Anda dengan memberikan tanda baris dan kode mana yang ditambah atau diganti. Di artikel ini kami akan membahas lengkap soal Git, dari cara install Git, cara login ke Git, hingga cara menggunakan Git. 1. Download File Git     Untuk menginsstall git, Anda perlu mendownload nya terlebih dahulu di situs resminya . Lalu pilih versi yang sesuai dengan perangkat anda.  Anda dapat mendownload git di link berikut : Download Git Desktop 2.Install Git Setelah selesai mengunduh file Git, buka setup aplikasi Git untuk memulai proses instalasi. 3. Kemudian cek apakah instalasi Git berhasil atau tidak. Anda bisa mengeceknya melalui Command Prompt. Klik Win+R lalu ketik CMD untuk membuka Command Prompt seperti di bawah ini. Selanjutnya masukkan perintah berikut untuk cek versi git dan cek apakah Git sudah terinstall di komputer Anda. git --version Jika Git berhasil terinst

Feasibility Analysis (Analisis Kelayakan)

 ANALISIS KELAYAKAN / FEASIBILITY ANALYSYS




Analisis Kelayakan Usaha atau disebut juga feasibility study adalah kegiatan untuk menilai sejauh mana manfaat yang dapat diperoleh dalam melaksanakan suatu kegiatan usaha. Hasil analisis ini digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan, apakah menerima atau menolak dari suatu gagasan usaha. Pengertian layak dalam penelitan ini adalah kemungkinan dari gagasan suatu usaha yang akan dilaksanakan dapat memberikan manfaat dalam arti finansial maupun sosial benefit. Dengan adanya analisis kelayakan ini diharapkan resiko kegagalan dalam memasarkan produk dapat dihindari.

Tujuan analisis kelayakan usaha antara lain sebagai berikut :
  • Mengetahui tingkat keuntungan terhadap alternatif investasi.
  • Mengadakan penilaian terhadap alternatif investasi.
  • Menentukan prioritas investasi, sehingga dapat dihindari investasi yang hanya memboroskan sumber daya.



3 Aspek Utama dalam Analisis Kelayakan yaitu:

  1. Kelayakan Teknis, berkaitan apakah sistem dapat di design, di kembangkan, dan di implementasikan dengan baik oleh tim pengembang. Terdapat 4 hal yang perlu di perhatikan pada aspek ini yaitu pemahaman terhadap aplikasi, pemahaman terhadap teknologi, Ukuran proyek, dan Kompatibilitas dengan sistem yang sudah ada.
  2. Kelayakan Ekonomis, berkaitan dengan apakah suatu sistem layak untuk dibangun berdasarkan faktor finansial, perhitungan biayanya berbanding dengan manfaat apa saja yang diberikan oleh sistem.                                                                
  3. Kelayakan Organisasi, berkaitan dengan bagaimana sistem yang baru ini akan dapat di terima oleh pengguna dalam suatu proses bisnis organisasi. Apakah pengembangan proyek sesuai dengan tujuan organisasi.                                  

Tahap-tahap Analisis Kelayakan Usaha

Analisis kelayakan usaha mencakup beberapa aspek antara lain: aspek pasar, aspek teknis dan operasional, aspek finansial dan aspek lingkungan serta aspek legal. Analisis kelayakan usaha yang disusun merupakan pedoman kerja, baik dalam penanaman investasi, pengeluaran biaya, cara produksi, cara melakukan pemasaran dan cara memperlakukan lingkungan organisasi. Dalam kenyataannya tidak semua aspek harus diteliti, hanya aspek yang benar-benar dibutuhkan saja yang perlu dianalisis untuk dibahas lebih lanjut.

MENYELEKSI PROYEK

Ada lima kriteria khusus untuk menyeleksi proyek, yakni:1.Dukungan dari pihak manajemen. Tidak satu pun yang bisa dicapai tanpa persetujuan dariorang-orang yang membayar segala bentuk pembayaran, dan dukungan dari pihakmanajemen sangatlah esensial.2.Penetuan waktu yang tepat3.Kemungkinan yang besar untuk melakukan upaya-upaya peningkatan guna mencapaitujuan-tujuan organisasi4.Sumber dayanya bisa digunakan oleh penganalisis sistem dan organisasi5.Proyeknya lebih bermanfaat dibandingkan bila organisasai menginvestasikan sumberdaya-sumber daya yang dimiliki dengan cara lain.


Referensi:


Komentar

Postingan Populer