Hell Yeah Pointer 5 Langsung ke konten utama

Unggulan

Cara Penggunaan Git dan GitHub dalam CPM

Git adalah salah satu software penting dalam pengembangan website. Fungsi Git adalah untuk mengatur versi dari source code program Anda dengan memberikan tanda baris dan kode mana yang ditambah atau diganti. Di artikel ini kami akan membahas lengkap soal Git, dari cara install Git, cara login ke Git, hingga cara menggunakan Git. 1. Download File Git     Untuk menginsstall git, Anda perlu mendownload nya terlebih dahulu di situs resminya . Lalu pilih versi yang sesuai dengan perangkat anda.  Anda dapat mendownload git di link berikut : Download Git Desktop 2.Install Git Setelah selesai mengunduh file Git, buka setup aplikasi Git untuk memulai proses instalasi. 3. Kemudian cek apakah instalasi Git berhasil atau tidak. Anda bisa mengeceknya melalui Command Prompt. Klik Win+R lalu ketik CMD untuk membuka Command Prompt seperti di bawah ini. Selanjutnya masukkan perintah berikut untuk cek versi git dan cek apakah Git sudah terinstall di komputer Anda. git --version Jika Git berhasil terinst

Blog 4 - Hirarki Data

Hirarki data adalah suatu organisasi database yang tersusun secara sistematis, dimana di dalamnya terdiri atas file, record, field, dan character. Setiap item item itu saling terkait satu sama lain, kumpulan dari character akan membentuk field, kemudian dari field tersebut akan membentuk record , lalu tiap tiap record sejenis akan membentuk file. Nah , file file ini bisa kita sebut sebagai data, dan kumpulan dari data data ini akan di susun menjadi Database sehingga mudah untuk di akses oleh pengguna.


Berikut adalah pengertian dari tiap tiap item yang ada di dalam Database

1. Character / Karakter
Character merupakan satuan bagian data yang terkecil, dapat berupa angka, huruf, maupun simbol tertentu.

2. Field
Field adalah kumpulan dari beberapa karakter yang memiliki satu arti. Misal jika fieldnya adalah Jenis Kendaraan, maka yang harus di paparkan di dalam field harus berkaitan dengan Jenis Kendaran. Atau jika Fieldnya adalah Nama Barang, maka yang dipaparkan harus berkaitan dengan nama barang.
Field ada 3 jenis, yaitu field name , field representation , dan field value.


3. Record 
Record merupakan kumpulan dari Field lengkap. Record biasanya di kalkulasikan dalam satuan baris. 

4. File 
File adalah kumpulan record-record sejenis. Seperti yang kita tau, item item ini saling terhubung satu sama lain, nah misalnya ada kumpulan field Jenis Kendraan membentuk record yang sejenis pula, dan kumpulan record ini membentuk file yang isinya saling berkaitan pula. Misalnya File Jenis Kendaraan tadi, tentunya menjelaskan tentang jenis kendaraan, misalnya roda 2, roda 4, truck, dll.

5.Data
Data merupakan kumpulan fakta yang mewakili suatu objek, dapat digunakan sebagai penyelesaian masalah berupa informasi. Data dapat berupa teks, bunyi, gambar ataupun gabungan dari itu semua.

6. Database 
Database atau basis data adalah kumpulan dari data-data yang dapat di kelola oleh pihak tertentu, seperti mengedit, menambahkan, dan membagikan.

Sumber:
http://muhamadagus08.blogspot.com/2016/10/pengertian-data-base-file-record-filed.html
https://infopengertian.biz/pengertian-field-character-record-file-data-dan-basis-data.html
https://seputarmicrosoft.blogspot.com/2018/05/tingkatan-database-dalam-microsoft-acces.html

Komentar

Postingan Populer